Cedera Engkel: Penyebab, Penyembuhan, Pencegahan

Selain hamstring, cedera yang paling populer di kalangan atlet profesional, dan atlet 'jadi-jadian' seperti kita-kita adalah cedera engkel dan nama yang lebih memasyarakat adalah keseleo. Tapi kok rasanya lebih dramatis dan lebih mengerikan dan pasti lebih cool kalau orang nanya "cedera apa?" dan kita jawab "Gw cedera engkel, nih" daripada "Ah, keseleo biasa". So, kali ini kita akan membahas mengenai cedera engkel ini. Let's bekicot_________


Ada apa dengan cedera engkel?
Daerah pergelangan kaki itu tempat bertemunya tiga tulang, tulang kering (tibia), tulang kaki (fibula), dan talus (tulang telapak) yang dihubungkan oleh ligamen otot. Saat ligamennya mengalami over-stretching atau peregangan berlebihan, itulah yang menyebabkan cedera. Saat cedera, pembuluh darah di sekitar kaki "bocor" (bochor... bochor...), sehingga terjadi peningkatan aliran darah, sel darah putih jadi banyak dan terjadi peradangan. Saraf di sekitarnya bakalan lebih sensi, sehingga bakalan nyeri kalau kita tekan-tekan.
Penyebab cedera engkel.
Kenapa bisa cedera?
Penyebab utamanya adalah gerakan yang salah, bisa gara-gara salah tumpuan saat berlari dan bergerak atau pendaratan saat melompat. Kepleset juga bisa.


So, gimana penanganannya?
Sama seperti penanganan cedera lain, udah pernah kita bahas di cedera hamstring (di sini), tapi kita kupas lagi ya...

P - Protection; lindungi bagian yang cedera
R - Rest; istirahatkan bagian yang cedera
I - Ice; gunakan es, es batu dari freezer, atau paling gak handuk basah pada area cedera untuk mengurangi nyeri dan inflamasi.
C - Compression; lakukan balutan pada daerah yang bengkak untuk mengurangi pembengkakan
E - Elevation; tinggikan bagian yang cedera lebih tinggi dari letak jantung untuk mengurangi pembengkakan

Penanganan cedera engkel bisa dilakukan sendiri. Tapi ingat, kalo nyerinya sudah tak tertahankan, atau gak bisa jalan karena nyeri banget (bukan nyeri biasa), atau mati rasa di kaki, atau gak ada perbaikan setelah 5-7 hari, langsung hubungi dokter.

Gimana pencegahannya? Atau supaya engkel kita tidak kambuh lagi?
Simpel! Pemanasan aja bro! Meski sering dianggap gak penting oleh atlet abal-abal, tapi tetap merupakan syarat utama pencegahan cedera apa pun. Selain itu, kita dapat melakukan latihan ankle exercise, latihan untuk engkel kaki kita. Ada latihan fleksibilitas, latihan keseimbangan, dan latihan kekuatan (berjalan dengan kaki berjinjit)
balance_exercise_latihan_keseimbangan
Latihan keseimbangan menggunakan papan keseimbangan

towel_stretch_latihan_peregangan
Towel stretch, latihan peregangan menggunakan handuk.

Moga setelah membaca dan mengetahui tentang cedera engkel, kita semua dihindarkan dari bencana ini. Amin... #Dalem

Thanks for watching banjaristi, stay tune here, and... Train smarter, not harder!

About Me

My Photo
My name is renaldy, and I'm not a terrorist, cuma blogger asal Kalimantan Selatan. I have a name as same as Tukul, but everyone who have meet with Me say that I'm 180km/hour more cool than Tukul. Mertua cerdas pilih menantu perawat karena perawat itu LAKI!

Disclaimer

"Blog ini sengaja tidak dipasang script anti-copy agar semua materi yang ada di blog dapat dengan mudah dicopas dan dibagikan ke orang lain melalui media lain. Kami hanya mengharapkan agar materi yang diambil disertakan sumber ke blog ini. Hargai kerja keras, keringat, darah, airmata, sakit pinggang saat menulis artikel, dan tidak sedikit pulsa modem yang telah kami keluarkan. Kami menghargai kebebasan, tapi kebebasan yang bertanggung jawab :)"

Contact Us

e-mail: renald33@gmail.com
phone: +6285391612750

Feedback