Fakta Unik Perawat

Setelah Karya Tulis Ilmiah (KTI) lolos audisi (oia, kalo mau baca tentang KTI-ku di sini, tentang IMD) alhamdulillah, Februari ini aku rencananya wisuda, dan menyandang gelar S.Kep, Sarjana Keperawatan. Jalan masih panjang, masih ada 3 semester lagi tahap profesi Ners yang mesti dijalani untuk menjadi seorang perawat. Jadi ingat pas zaman-zaman awal kuliah "Kenapa masuk perawat?" Ya karena aku pengen masuk akbid, tapi gak diterima... haha, becanda. Nah, sebagai calon perawat yang baik -ehm- kali ini aku mau nulis tentang beberapa fakta unik tentang perawat, let's bekicot_________



perawat_rumah_sakit
sourcepic: stna.net
Selamatkanlah satu nyawa, maka kau adalah seorang pahlawan.
Selamatkanlah 100 nyawa, maka kau adalah seorang perawat.

Perawat adalah pemberi layanan utama di tempat kesehatan. 60-80% dari tenaga kesehatan di suatu instansi kesehatan adalah perawat.


Berdasarkan Gallup Poll, perawat adalah pekerjaan dengan kejujuran dan standar etik terbaik selama 11 tahun terakhir.

Perawat adalah pekerjaan paling menjanjikan, karena orang sakit selalu ada setiap harinya.

Registered Nurse (RN) adalah pekerjaan terbaik di Amerika Serikat pada tahun 2012

Perawat melaksanakan hampir 90% dari semua layanan perawatan kesehatan.

Rata-rata perawat merawat sebanyak 8 pasien per hari

Ada 2,72 juta RN di Amerika Serikat. Jumlahnya lebih banyak dari tentara Amerika yang hanya 1,45 juta dan karyawan Walmart yang 1,4 juta.


Dari jumlah itu, hanya ada sekitar 7% perawat pria di Amerika Serikat, tapi hebatnya, 41% dari mereka adalah perawat anestesi. (Kenapa hebat? baca fakta berikutnya tentang perawat anestesi). 70% perawat pria mengaku kalau tantangan terbesar mereka adalah opini bahwa perawat mestinya adalah seorang wanita. Tapi kini, jumlah mahasiswa keperawatan laki-laki di sana bertambah luar biasa menjadi 20%.


perawat_anestesi_certified_registered_nurse_anesthetist
Perawat anestesi
3 perawat spesialis dengan bayaran tertinggi di Amerika Serikat:
1. Certified Registered Nurse Anesthetist: 105.000-131.000/tahun (78 - 98 juta rupiah per bulan)
2. Othopedics:  76.000-129.000/tahun (57-96 juta rupiah/bulan)
3. Geriatrics: 73.000-123.000/tahun (54 - 92 juta rupiah/bulan)

Di Jepang, perawat tidak perlu memperpanjang izin prakteknya. Sekali menjadi RN, tetap berlaku seumur hidup

Di Saudi Arabia, dari 12 jam shift, perawat "diperbolehkan" hanya bekerja sebanyak 8 jam. 4 jam sisanya pasien mengurus diri mereka sendiri.

Wanita Irak yang menjadi perawat harus sudah pulang ke rumah jam 2 siang dan tidak diizinkan untuk menyentuh pasien pria yang bukan suami atau anaknya. Sehingga, tak jarang, banyak dokter yang mengerjakan pekerjaan perawat.

Di Tanzania, "cuma" ada 4 perawat dan bidan tiap 10.000 penduduk.

Banyak dokter di Filipina kembali ke sekolah... dan menjadi perawat! Mereka lalu pergi ke Amerika Serikat, karena bayaran menjadi perawat di sana lebih tinggi daripada menjadi dokter di negara mereka sendiri.

Di Meksiko, setelah mengabdi selama 1 tahun sebagai perawat, mereka dapat langsung menjadi tenaga spesialis di area medis seperti keperawatan kritis dan gadar.

Di Indonesia, cerita tentang (hantu) perawat adalah ide cerita film yang menguntungkan #SadStory


nurse_scrub
Polkadots nurse scrub
40% perawat mengaku menyukai memakai seragam berwarna biru, 23% menyukai seragam hijau.
40% lebih suka kalau seragam mereka warnanya polos. 20% menyukai tema sporty, dan 15% menyukai seragam dengan pola polkadot
60% perawat memiliki lebih dari 10 buah seragam, dan hampir semua perawat (90%) menyukai seragam mereka karena nyaman.

Perawat berjalan rata-rata 4 mil per hari.

Hampir 2/3 perawat yang bekerja lebih lama dari shift-nya sering tidak dihitung dan tidak dibayar, karena saat sedang istirahat pun, perawat sering kali bekerja seperti menelepon, konsultasi dengan dokter, atau pun berbicara dengan keluarga pasien.


needlestick_injury
Needlestick
Perawat lebih sering menderita luka daripada pekerja lapangan. 58% perawat mengalami needlestick injury setiap harinya.

satu dari 23 perawat di Jepang bekerja berlebihan hingga 60 jam per minggu.

Itulah tadi sedikit fakta tentang perawat dari berbagai belahan dunia. Semoga saja, dengan pentingnya keberadaan perawat, dan kerja keras yang dilakukan perawat setiap harinya, dengan iringan keikhlasan dalam merawat pasiennya, semoga RUU Keperawatan segera disahkan.

Thanks for watching banjaristi, stay tune here, and... Proud to be Nurse

Kalo mau baca plesetan iklan Three versi mahasiswa perawat, klik di sini!

Sebagai penutup, perkataan seorang dosen saya saat kuliah Etika dan Hukum Keperawatan:
"Jika kita bekerja penuh dengan rasa ikhlas karena ingin membantu pasien, insya Allah, perawat adalah orang pertama yang masuk syurga"

About Me

My Photo
My name is renaldy, and I'm not a terrorist, cuma blogger asal Kalimantan Selatan. I have a name as same as Tukul, but everyone who have meet with Me say that I'm 180km/hour more cool than Tukul. Mertua cerdas pilih menantu perawat karena perawat itu LAKI!

Disclaimer

"Blog ini sengaja tidak dipasang script anti-copy agar semua materi yang ada di blog dapat dengan mudah dicopas dan dibagikan ke orang lain melalui media lain. Kami hanya mengharapkan agar materi yang diambil disertakan sumber ke blog ini. Hargai kerja keras, keringat, darah, airmata, sakit pinggang saat menulis artikel, dan tidak sedikit pulsa modem yang telah kami keluarkan. Kami menghargai kebebasan, tapi kebebasan yang bertanggung jawab :)"

Contact Us

e-mail: renald33@gmail.com
phone: +6285391612750

Feedback