13 Tips Ampuh Untuk Yang Susah Tidur

Tidur yang nyenyak dan berkualitas itu pasti banyak sekali manfaatnya. Meningkatkan memori, produktivitas, energi. Sebenarnya, aku bukanlah orang yang susah tidur. Paling naruh kepala, gak sampai 5 menit sudah ngorok. Nah, di sini dari beberapa sumber dan pengalaman pribadi, banjaristi bantu share mengenai cara agar kita lebih mudah, lebih nyenyak, lebih puas tidur, dan lebih berenergi lagi esok paginya. Let's bekicot_________

susah_tidur_cara_mengatasi
Susah tidur? Cari tau tips-nya di sini!
1. Buat jadwal tidur. Yang utama adalah :TEPAT WAKTU. Kalau hari ini masuk kamar jam 11 malam, ya usahakan besok-besoknya jam 11 malam juga sudah ada di tempat tidur. Jangan hari ini mulai tidur jam 11, besoknya larut ke jam 1, besoknya ke jam 12, ingat WAKTUNYA TETAP

2. Olahraga memang bagus sih untuk membantu tidur, tapi jangan juga terlalu malam. Misal pergi main futsal jam 9 malam, itu terlalu larut. Usahakan sebelum pergi tidur, kita sudah santai. Yang terbaik adalah olahraga pada pagi hari untuk istirahat malam yang optimal

3. Hindari: kafein (kopi, cokelat juga bisa), rokok, atau minuman alkohol. Alkohol memang menenangkan, tapi alkohol akan mengganggu tidur. Bukan apa-apa sih, kalau minum alkohol, akan sering bangun gara-gara pengen ke kamar kecil. Pilihan terbaik itu teh herbal, teh bebas kafein. Yoghurt juga bisa.

4. Jangan makan-makanan besar, makanan yang banyak sebelum tidur, karena saluran cerna akan terus menerus bekerja berat saat kita tidur.

5. Punya binatang peliharaan? Kucing? Anjing? Jauhkan mereka.

6. Nah, kalau ingin tidur siang, jangan sampai lebih dari 1 jam. Kalau sudah lewat jam 3 siang, tunda aja tidur siangnya, balas pas malam aja.

7. Mandi air panas juga dapat membantu tidur lho


penyebab_susah_tidur
Salah satu penyebab susah tidur
8. Yang sering diabaikan itu lingkungan. Singkirkan benda-benda yang mengganggu kenyamanan kita. (Ini ada bahasan mengenai kenyamanan rumah sesuai feng shui, di sini dijamin seru) Oh iya, jauhkan juga ponsel kalau mau tidur, karena gelombangnya mempengaruhi otak kita saat tidur. Kalau bisa dimatikan, matikan aja daripada di-silent

9. Masih berhubungan dengan di atas, serius, matikan alat-alat elektronik. HP yang hidup akan mengganggu kita, ada sms masuk lah, notif facebook atau twitter, BC gak jelas, matikan aja.

10. Jangan bohong di tempat tidur. Kalau masih tidak bisa tidur, padahal sudah 20 menit gulang-guling, bolak-balik badan di tempat tidur, bangun! Lakukan beberapa aktivitas santai sampai kita merasa ngantuk. Baca buku, dengar musik melow (bukan galau).


akibat_susah_tidur
11. Bagaimana dengan mendengarkan musik saat ingin tidur? Pakai headset gitu? Musik untuk membantu tidur memang silakan. Tapi mendengarkan musik semalaman itu jangan. Kalau dengan musik kita lebih mudah tidur, dengarkan aja, tapi minta tolong orang lain untuk mematikan musik itu nantinya, yah, 30 menit kemudian lah. Atau ada juga kan, mode mematikan HP otomatis? (HP Cina ku ada lho...) Nah, atur aja untuk mati otomatis 30 menit setelah kita memulai untuk tidur.

12. Kalau buanyak banget yang jadi pikiran sebelum tidur, jangan ganggu orang lain untuk curhat. Curhat aja pada kertas. Tulis hal-hal yang jadi pikiran kita untuk mengusirnya menjauh sejenak.

13. Jika masih tetap sulit tidur juga beberapa hari, hubungi dokter. Ng... pemakaian obat bantu tidur boleh sih, tapi tidak dianjurkan, takutnya nanti malah kecanduan. "Oh, obat tidur ku tercinta... Aku tidak bisa tidur tanpamu... Jangan tinggalkan aku..." Joke aja... :D

Kalau ada yang mau share tentang cara-cara untuk membantu tidur, ayo, komen-nya...

Thanks for watchin banjaristi, stay tune here, and... Good Nighzzzzzzzz

About Me

My Photo
My name is renaldy, and I'm not a terrorist, cuma blogger asal Kalimantan Selatan. I have a name as same as Tukul, but everyone who have meet with Me say that I'm 180km/hour more cool than Tukul. Mertua cerdas pilih menantu perawat karena perawat itu LAKI!

Disclaimer

"Blog ini sengaja tidak dipasang script anti-copy agar semua materi yang ada di blog dapat dengan mudah dicopas dan dibagikan ke orang lain melalui media lain. Kami hanya mengharapkan agar materi yang diambil disertakan sumber ke blog ini. Hargai kerja keras, keringat, darah, airmata, sakit pinggang saat menulis artikel, dan tidak sedikit pulsa modem yang telah kami keluarkan. Kami menghargai kebebasan, tapi kebebasan yang bertanggung jawab :)"

Contact Us

e-mail: renald33@gmail.com
phone: +6285391612750

Feedback