Tips Memilih Sepatu Futsal

Belakangan ini aku lagi sibuk ujian, gak sempet lagi hura-hura kayak dulu. Nulis di banjaristi jarang, maen sama temen-temen, seperti maen badminton, futsal, nongkrong juga sudah jarang. Ngomong-ngomong soal maen futsal, olahraga ini memang lagi booming di Indonesia, gak terkecuali di daerahku, berhamburan penyewaan lapangan futsal. Ada yang rumput sintetis, kayu ala lapangan basket, bahkan semen cor doang juga ada dengan berbagai harga yang bervariasi. Beberapa hal yang menarik soal futsal adalah sepatu futsal. Meski aku sering main jadi kiper -karena aku orangnya protektif :p- dan gak begitu peduli soal sepatu -btw, sepatu futsal ku cuman Kodachi biasa yang dapat 49ribu-, tapi aku sering denger curhatan temen-temen mengenai sepatu futsal. Nah, curhatan-curhatan mereka tentang sepatu futsal itu aku rangkum hingga jadi artikel ini, tips-tips memilih sepatu futsal. Masih mau lanjut? Let's bekicot_________

nike-tiempo-natural-crimson-red-white
Sepatu futsal Nike Tiempo dengan alur dipermukaannya. dan gerigi. Sourcepic: prodirect.com
1. Memilih sepatu sesuai kondisi lapangan
Yang ini pasti semua sudah pada ngerti 'kan. Pakai sepatu yang mepunyai pull atau gerigi pada rumput sintetis supaya cengkeraman kaki lebih meng-grip. Buat lapangan rata atau licin, pasti pakai sepatu tanpa pull, yang biasanya alasnya karet supaya tidak licin.

2. Memilih sepatu sesuai posisi
-Buat kiper, gak usah bingung milih sepatu, tingkatkan skill aja. Tapi aku sendiri sih lebih suka sepatu yang alasnya lebih licin, karena lebih mudah bergerak, khususnya menghadang penyerang musuh, so kalau mau sliding lebih bagus.

-Untuk yang biasa jadi bek, sulit juga sih menentukan sepatu yang cocok, karena bek dalam futsal gak terlalu berpatok pada posisi, tapi untuk bek asli yang gak begitu doyan maju ke depan, yang lebih suka dengan keseimbangan, sepatu yang lebih berat bisa efektif membuat pemain bertahan maksimal karena membuat kaki lebih kokoh. (kalau sudah frustasi, sepatu yang lebih berat punya efek mencederai lawan lebih kuat dari sepatu biasa -becanda-, fair play ya)

-Pemain yang punya skill sedikit di atas rata-rata yang hobi menggocek bola, atau pemain yang suka mengatur serangan yang ingin mempunyai umpan akurat, sepatu yang punya motif (yang gak polos permukaannya, yang ada alurnya gitu) bisa jadi pilihan tepat. Alur di permukaan sepatu dapat "mencengkeram" bola sehingga lebih mudah dikontrol dan diarahkan. Selain itu, ujung sepatu bisa dipilih yang lebih lebar, sehingga fungsi kaki dalam menahan bola lebih maksimal.

-Kalau pengen punya speed yang tinggi, gunakan sepatu yang lebih ringan agar kaki tidak terbebani berat sepatu. Biasanya tipe sepatu ini yang solnya lebih tipis. Sepatu juga mesti benar-benar pas di kaki sehingga istilahnya itu "berlari tanpa memakai sepatu." Sepatu berbahan kain juga bisa jadi pilihan sih.
sepatu-futsal-adidas-f50
Sepatu futsal adidas F-50
-Untuk para striker yang ingin agar tendangannya lebih "jegerrr" alias powerfull, pilih sepatu yang bagian depannya lebih keras, agar momentum kaki ke bola maksimal. Selain itu, sepatu futsal yang polos (yang gak ada alurnya) juga punya efek tendangan yang lebih kuat. Saran juga, pilih juga sepatu yang sol bagian belakangnya lebih tinggi, jadi tumbukan kaki ke bola jadi lebih maksimal.

Yang terpenting dari semuanya tentu saja sepatu futsal yang memenuhi dua aspek kenyamanan, nyaman di kaki, nyaman di kantong. :p

Nah, moga ini bisa jadi sedikit panduan untuk membeli sepatu futsal dan memberikan performa permainan yang lebih baik bagi kita. Kalo ada yang punya pengalaman lagi, sangat ditunggu komentarnya. Last, sebagai tambahan, untuk lebih mengenal tipe kaki kita, agar lebih nyaman lagi make sepatu futsalnya, nih, tipe-tipe kaki.

Thanks for watching banjaristi, stay tune here, and... Be healthy, be Sporty!

About Me

My Photo
My name is renaldy, and I'm not a terrorist, cuma blogger asal Kalimantan Selatan. I have a name as same as Tukul, but everyone who have meet with Me say that I'm 180km/hour more cool than Tukul. Mertua cerdas pilih menantu perawat karena perawat itu LAKI!

Disclaimer

"Blog ini sengaja tidak dipasang script anti-copy agar semua materi yang ada di blog dapat dengan mudah dicopas dan dibagikan ke orang lain melalui media lain. Kami hanya mengharapkan agar materi yang diambil disertakan sumber ke blog ini. Hargai kerja keras, keringat, darah, airmata, sakit pinggang saat menulis artikel, dan tidak sedikit pulsa modem yang telah kami keluarkan. Kami menghargai kebebasan, tapi kebebasan yang bertanggung jawab :)"

Contact Us

e-mail: renald33@gmail.com
phone: +6285391612750

Feedback