7 Manfaat Pijat Bayi

Orang dewasa kalau selesai melakukan aktivitas yang melelahkan biasanya kelelahan, sehingga kadang banyak yang bilang "enak banget kalo dipijat nih". Tubuh yang pegal-pegal, nyeri punggung, encok, kesemutan, pegal linu, gara-gara pekerjaan tadi akan terasa lebih nyaman setelah dipijat. Tapi kenapa ada pijat bayi? Apa bayi juga mengerahkan usaha sedemikian besarnya untuk melakukan aktivitasnya sebagai bayi, menangis atau mengisap ASI misalnya, sehingga dia perlu dipijat? Oh, tidak, karena ternyata, pijat yang dapat membuat tubuh nyaman bagi orang dewasa ini juga dapat membuat nyaman tubuh bayi, juga dengan manfaat-manfaat lainnya. Nah, di seri kesehatan bayi ini, menyambung tulisan manfaat inisiasi menyusu dini bagi status gizi bayi, kita akan membahas manfaat pijat bayi. So, let's bekicot_________

manfaat-pijat-bayi-berat-badan
Pijat pada bayi. Sourcepic: sisterfox.com
Apa itu pijat bayi?
Sama seperti orang dewasa, pemijatan pada bayi yaitu mengurut bagian tubuh untuk melemaskan dan merilekskan otot sehingga peredaran darah menjadi lancar. Pijat bayi yang disertai seni dalam memijat akan memberikan suatu terapi sentuhan tangan pada kulit bayi. Pada bayi, yang dipijat biasanya adalah seluruh tubuh, sampai muka, jari jemari, telapak tangan, dan telapak kaki juga ikut dipijat.

Manfaat pijat bayi?
1. Secara psikologis, pemijatan pada bayi, apalagi dilakukan oleh ibu bayi, dapat mempertahankan kontak ibu dengan bayi, dan membuat bayi merasa dihargai dan dicintai, dan juga memberikan rasa aman pada bayi.
2. Sentuhan berupa pemijatan dapat memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh juga ke otak. Pemijatan pada bayi juga dapat merangsang sistem motorik dan sensorik pada bayi untuk membentuk kecerdasan emosi, interpersonal, intrapersonal, dan kecerdasan lainnya.
3. Menurut penelitian Field T, bayi yang dipijat dengan kasih sayang jarang sekali menangis dan sakit.
4. Pemijatan juga dapat meningkatkan fungsi saluran cerna dan pembuangan. Penyerapan nutrisi di usus bayi jadi lebih maksimal.
5. Pijat bayi juga dapat meningkatkan kekuatan menyusu bayi sehingga dapat menambah berat badan bahkan sampai 47%, sehingga sangat bermanfaat sekali bagi bayi yang khususnya mengalami BBLR.
6. Bayi yang dipijat membuat dirinya merasa nyaman, dan membuat bayi tertidur lebih lelap. Dan ketika bayi bangun, konsentrasinya akan lebih penuh.
7. Bagi ibu sendiri ternyata juga ada manfaatnya lho. Ternyata pijat bayi dapat meningkatkan produksi ASI ibu.

Bagaimana Melakukan Pijat Bayi?
Nah, untuk cara melakukan pemijatan, akan kita bahas nanti, soalnya banjaristi masih mau syuting dulu untuk membuat video pijat bayi.

Itu saja dulu sekilas manfaat pijat bayi. Silahkan saran dan pertanyaan mungkin, dan mohon bantu share artikel ini agar lebih banyak lagi ibu yang melakukan pemijatan pada bayinya.

Thanks for watching banjaristi, stay tune here, and... Love Your Baby

About Me

My Photo
My name is renaldy, and I'm not a terrorist, cuma blogger asal Kalimantan Selatan. I have a name as same as Tukul, but everyone who have meet with Me say that I'm 180km/hour more cool than Tukul. Mertua cerdas pilih menantu perawat karena perawat itu LAKI!

Disclaimer

"Blog ini sengaja tidak dipasang script anti-copy agar semua materi yang ada di blog dapat dengan mudah dicopas dan dibagikan ke orang lain melalui media lain. Kami hanya mengharapkan agar materi yang diambil disertakan sumber ke blog ini. Hargai kerja keras, keringat, darah, airmata, sakit pinggang saat menulis artikel, dan tidak sedikit pulsa modem yang telah kami keluarkan. Kami menghargai kebebasan, tapi kebebasan yang bertanggung jawab :)"

Contact Us

e-mail: renald33@gmail.com
phone: +6285391612750

Feedback