Teknik Fotografi: Istilah Dasar

Belakangan ini aku kok jadi gemar foto-foto. Gara-gara temen beli kamera SLR, akhirnya sering pinjem buat foto-foto. Di rumah cuman ada kamera digital biasa, pencet, beres deh... Tapi pas make yang SLR, gila, pilihannya banyak banget... Apa aja neh? Lighting? Distance? ISO? Shutter? White Balance? Ok deh, sekarang kita akan bahas satu persatu, fungsinya gimana, terus apa efeknya pada foto. Let's bekicot_________


Shutter Speed
sourcepic: fotobogor.byethost16.com
Intinya, shutter speed digunakan untuk mengatur waktu sensor. Jadi, untuk benda bergerak, pasang shutter speed yang lebih tinggi untuk bisa menangkap geraknya, jadi seolah benda tadi diam.

Apperture / Diafragma (F)
Apperture akan mengatur jumlah cahaya yang masuk. Kalo angkanya, makin besar apperture, bukaan diafragma jadi makin kecil, so, makin sedikit juga cahaya yang masuk. Kalau cahaya banyak, ya bukaan diafragma diatur kecil, gitu juga sebaliknya. Biasanya sih, apperture yang besar untuk gambar fokus, latar belakangnya blur, jadi subjek foto jadi lebih tajam. Kalo mau foto tajam semuanya, mau foto pemandangan misalnya, biasanya apperturenya lebih kecil.

ISO
sourcepic: digital-photography-school.com
Kalau ISO itu sensitivitas sensor. Makin tinggi ISO, makin sensi lah dia #Cieee jadi, untuk kondisi yang kurang cahaya, ISO harusnya di-setting tinggi. Efek samping ISO tinggi, foto bakalan punya noise yang banyak, ya kayak bintik-bintik gitu. Kalo mau foto yang bening, ISO mestinya rendah.

Kalo pengen belajar simulasi penggunaan shutter speed, apperture, sama ISO, bisa di buka camerasim.com

White Balance
sourcepic: belajarfotografi.com
Nah, kalau ini masalah sumber cahaya. Fokus kita, liat warna putihnya. A putih kebiruan, B putih waras (normal), C putih kekuningan. Kenapa bisa beda? Salah satunya karena sumber cahaya. Lampu bohlam akan menghasilkan warna kuning, neon biasanya agak kebiruan, sinar matahari menghasilkan warna mendekati putih, jadi warna putih bisa berubah warnanya jika kena cahaya yang berbeda. Nah, tujuan white balance itu, gimana kamera menangkap warna putih tetap putih, warna cokelat tetap cokelat, warna merah tetap merah. Tapi kalo menurut aku sih, white balance juga bisa kita atur untuk menambah "emosi" pada foto.

Mode Dial
Terakhir neh, mode dial. Mode selain MASP itu otomatis, kita sih tinggal klik aja. Nah, untuk mode MASP
P: Programs, hampir otomatis juga, cuma apperture dan shutter speed bisa kita atur manual
A: Apperture priority, nah yang ini cuma apperture yang bisa kita atur manual
S: Shutter priority, yang ini juga beda, cuma shutter speed yang bisa kita atur manual
M: Kalo ini semuanya manual.

Kalau ingin belajar fotografi lebih lanjut, sayangnya dikit sekali tayangan fotografi yang jadi program di tv Indonesia. Aku sendiri sih cuman nemu di KompasTV, [Klik] Arbain Rambey. Ini salah satu episodenya:

Kayaknya segitu aja dulu. Kalo sudah menguasai 5 hal tadi, mungkin udah bisa jadi fotografer pro.

Thanks for watching banjaristi, stay tune here, and... pinjem kamera!!!!

About Me

My Photo
My name is renaldy, and I'm not a terrorist, cuma blogger asal Kalimantan Selatan. I have a name as same as Tukul, but everyone who have meet with Me say that I'm 180km/hour more cool than Tukul. Mertua cerdas pilih menantu perawat karena perawat itu LAKI!

Disclaimer

"Blog ini sengaja tidak dipasang script anti-copy agar semua materi yang ada di blog dapat dengan mudah dicopas dan dibagikan ke orang lain melalui media lain. Kami hanya mengharapkan agar materi yang diambil disertakan sumber ke blog ini. Hargai kerja keras, keringat, darah, airmata, sakit pinggang saat menulis artikel, dan tidak sedikit pulsa modem yang telah kami keluarkan. Kami menghargai kebebasan, tapi kebebasan yang bertanggung jawab :)"

Contact Us

e-mail: renald33@gmail.com
phone: +6285391612750

Feedback