Fakta Iwan Fals

Sebelumnya, tulisan ini saya copas dari trit di kaskus.
Karena saya menyebut diri saya OI alias fans Iwan Fals... share ah...

1. Perjalanan Nama Iwan Fals
Nama Iwan Fals  awalnya berubah-ubah. Awalnya IWAN FALES ganti IWAN PALES, trus IWAN FALLS, jadi IWAN FALSE. Hingga pihak recording bikin sederhana, simpel jadi Iwan Fals saja. Pernah juga lho Iwan Fals make nama aslinya, Virgiawan Listanto sebagai pencipta lagu.

2. Album Langka
Ada beberapa album yang pernah dirilis sebelum albumnya "Sarjana Muda" tahun '81, contohnya aja ‘Yang Muda Yang Bercanda’, ‘Canda Dalam Nada’, ‘Canda Dalam Ronda’, ‘Perjalanan’ dan ‘Tiga Bulan’. Tapi sekarang gak ada satu pun yang dijual di toko kaset. Cuma ada beberapa yang punya, dan dengan asyiknya mendengarkan lagu-lagu dalam album itu langsung dari kaset aslinya T.T

3. Sejarah "Kemesraan"
Lagu wajib perkumpulan ibu-ibu dan acara-acara perpisahan ciptaan Sahilatua, Franky dan Jhony yang pada awalnya dinyanyikan oleh duet legendaris Franky & Jane, tapi sayang saat itu kurang begitu populer. Iwan Fals lalu datang dan menyanyikannya bareng Titiek Hamzah, dan lagi-lagi belum meledak di pasaran. Tahun '88, Iwan Fals keroyokan bareng Chrisye, Rafika Duri, Betharia Sonata, akhirnya menjadi lagu legend Indonesia.

4. Annisa
Annisa adalah lagu yang bercerita tentang kelahiran putri kedua bang Iwan, Anissa Cikal Rambu Bassae, yang bercerita banyak peristiwa saat Annisa masih dalam kandungan. Maunya sih lagu ini masuk album 'Aku Sayang Kamu' di tahun '86, tapi gak jadi karena Musica merasa liriknya terlalu keras. Memang sih, lagu ini sempat diputar di radio tetapi cuma sebentar aja. Beruntung banget ada yang dapat rekamannya T.T

5. Sejarah "Swami"
Awalnya namanya konyol: ‘Septiktank’. Band yang diisi Jabo, Yockie, Naniel, Nanoe, Innisisri, Totok Tewel dan Tatas tahun '89 tentu saja menolak, jadi dilakukan undian.Dan pemenangnya adalah bang Jabo yang mengusulkan nama "Swami", plesetan dari Suami, karena semua personelnya sudah punya isteri. Bersama Swami-lah, salah satu lagu paling terkenal -Bento- lahir.

6. Pitat Haeng
Pitat Haeng mungkin gak banyak orang yang kenal, tapi rupanya adalah nama samaran bang Iwan pada lagu "Pak Tua", juga saat membantu Jabo di album "Bukan Debu Jalanan" taun '91. Mungkin masih banyak lagi nama samaran bang Iwan yang belum diketahui, soalnya bang Iwan suka banget pake nama samaran kalau membuat lagu untuk orang lain.

7. Kehebatan bang Iwan
Cuma bekal gitar akustik dan harmonika, album "Belum Ada Judul" lahir di tahun '92. Hebatnya lagi, ne album selesai recording dalam waktu 6 jam aja.

8. Dalbo
Setelah "septiktank" ditolak, bang Iwan usul lagi neh buat nama band barunya, Duda, menggantikan Swami dengan personel yang hampir sama. Mungkin karena gak bakat bikin nama band, usul itu ditolak lagi, dan nama "Dalbo" atau "anak genderuwo" yang akhirnya dipakai.

9. Bebas Sponsor
Siapa yang tahu merk gitar atau alat musik Iwan Fals? Beberapa tahun terakhir, orang-orang pasti gak tahu. Semua merk-nya pasti ditutupi atau dihilangkan. Background panggung juga gak ketinggalan, bebas dari sponsor.

10. "Manusia Setengah Dewa" yang lucu
Yang pertama pasti karena cover albumnya yang banyak diprotes orang. Nah, yang lucunya yang lain, pas rekaman sudah beres dan tinggal produksi aja lagi, bang Iwan baru sadar kalau harmonika-nya belum dimainkan. Karena kalau ngulang lagi makan waktu, akhirnya album ini full gitar akustik aja.

Itu tadi... fakta dari musisi legendaris Indonesia, Iwan Fals. Legenda hidup yang besar karena peduli dengan rakyat kecil. Hal yang mestinya diikuti oleh anak muda sekarang yang lebih peduli dengan diri sendiri dan status sendiri.

Thanks for watching banjaristi. Stay tune here, and... SALAM OI!!!

About Me

My Photo
My name is renaldy, and I'm not a terrorist, cuma blogger asal Kalimantan Selatan. I have a name as same as Tukul, but everyone who have meet with Me say that I'm 180km/hour more cool than Tukul. Mertua cerdas pilih menantu perawat karena perawat itu LAKI!

Disclaimer

"Blog ini sengaja tidak dipasang script anti-copy agar semua materi yang ada di blog dapat dengan mudah dicopas dan dibagikan ke orang lain melalui media lain. Kami hanya mengharapkan agar materi yang diambil disertakan sumber ke blog ini. Hargai kerja keras, keringat, darah, airmata, sakit pinggang saat menulis artikel, dan tidak sedikit pulsa modem yang telah kami keluarkan. Kami menghargai kebebasan, tapi kebebasan yang bertanggung jawab :)"

Contact Us

e-mail: renald33@gmail.com
phone: +6285391612750

Feedback