Cedera Hamstring: Lokasi, Penyebab, Penyembuhan, Pencegahan

Hamstring adalah salah satu cedera yang sering dialami oleh pemain bola. Uniknya (cedera kok unik?), sebagian besar cedera ini bukan karena berbenturan atau kontak dengan pemain lain, tetapi ketika pemain melakukan sprint atau akselerasi.
 
DI MANA TEPATNYA CEDERA HAMSTRING ITU?
Kalau kamu kena cedera hamstring, paling gak kamu akan merasa salah satu dari gejala:
1. serangan tiba-tiba
2. nyeri yang teramat sangat nyeri di bagian belakang paha
3. otot akan spasme
4. memar dan bengkak akan muncul
dan yang bikin nangis, rasanya otot di sobe-sobek.

JADI APA YANG SEBENARNYA TERJADI?
Cedera ini biasanya terjadi karena melakukan gerakan yang cepat dan tiba-tiba, seperti berlari, melompat, dan meregangkan kaki. Ketika terjadi hal-hal tadi, maka serabut otot yang menyusun hamstring mengalami overstretching (peregangan berlebihan) dan menyebabkan perdarahan dan bruising.

EH, KATANYA GW BISA MATI?
Cedera hamstring tingkat satu biasanya sembuh dengan cepat, biasanya pemain bola akan kembali bermain dalam seminggu ke depan atau kurang. Berdasarkan tingkat kerusakannya, seseorang yang menderita cedera hamstring tingkat dua harus beristirahat antara dua hingga delapan minggu. Tingkat tiga cedera hamstring lebih lama lagi, perlu lebih dari delapan minggu untuk penyembuhan dan paling tidak empat bulan istirahat untuk kembali ke keadaan full.

GIMANA PENCEGAHANNYA?
Warm-up dan warm-down a.k.a pemanasan dan pendinginan sebenarnya memang sangat penting, tetapi jika ingin menghindari resiko, kita dapat melakukan latihan peregangan di rutinitas sehari-hari, contohnya hamstring kicks, squats, dan lunges. Latihan kelenturan juga dapat meningkatkan suppleness dari hamstring, dan yoga adalah pilihan yang bagus.

Fifa sendiri menganjurkan protokol P-R-I-C-E (bukan "harga") ketika seorang pemain tiba-tiba terkena cedera hamstrin (juga untuk cedera-cedera lainnya)
P - Protection; lindungi bagian yang cedera
R - Rest; istirahatkan bagian yang cedera
I - Ice; gunakan es, es batu dari freezer, atau paling gak handuk basah pada area cedera untuk mengurangi nyeri dan inflamasi.
C - Compression; lakukan balutan pada daerah yang bengkaka untuk mengurangi pembengkakan
E - Elevation; tinggikan bagian yang cedera lebih tinggi dari letak jantung untuk mengurangi pembengkakan

Ok... itu tadi masalah cedera hamstirng.... Stay tune di sini pada seri "Kesehatan n Sport banjaristi" berikutnya...


Seri Cedera Olahraga yang lain:
Cedera Engkel
Dislokasi Sendi Bahu
Cedera Shin Splints
Cedera Hamstring


Thanks for watching banjaristi, and GO GREEN dan KEEP SPORT!

sumber:fourfourtwo, web resmi FIFA

About Me

My Photo
My name is renaldy, and I'm not a terrorist, cuma blogger asal Kalimantan Selatan. I have a name as same as Tukul, but everyone who have meet with Me say that I'm 180km/hour more cool than Tukul. Mertua cerdas pilih menantu perawat karena perawat itu LAKI!

Disclaimer

"Blog ini sengaja tidak dipasang script anti-copy agar semua materi yang ada di blog dapat dengan mudah dicopas dan dibagikan ke orang lain melalui media lain. Kami hanya mengharapkan agar materi yang diambil disertakan sumber ke blog ini. Hargai kerja keras, keringat, darah, airmata, sakit pinggang saat menulis artikel, dan tidak sedikit pulsa modem yang telah kami keluarkan. Kami menghargai kebebasan, tapi kebebasan yang bertanggung jawab :)"

Contact Us

e-mail: renald33@gmail.com
phone: +6285391612750

Feedback