Tarif Operator Seluler Arab Saudi


Berawal dari iklan yang menghadirkan Ustadz "Jamaah" pada sebuah operator selluler Indonesia, masalah tarif nelpon di Arab sana, yang katanya biayanya semurah tarif lokal di Arab, saya pun terketuk hatinya untuk menelitinya. Kebetulan, orang tua saya mau berangkat haji tahun ini, jadi sekalian mau cari-cari info tarif telepon yang murah dari Arab, tapi kalau sama saja dengan operator seluler "itu", ya lebih baik pake yang Indo aja (bukan iklan)
Pertama, kita list dulu operator seluler di Arab Saudi, dari data om Wiki, ada tiga operator, Saudi Telecom Company (STC), Mobily, Zain.
Ok... untuk nilai tukar rupiah, 1 riyal = 2.300 rupiah. Oia, juga ada istilah halala, 100 halala = 1 riyal.

Pertama STC. Pas liat  favicon'nya, saya teringat logo yang sama dengan operator seluler di Indonesia, sebut saja "eksis". Ada dua pilihan dari operator  ini, prabayar dan pascabayar. Untuk prabayar, dengan kartu SAWA ada pilihan paket SAWA Hajj, dengan harga perdana 25 riyal (Rp 57.500,-) yang aktif sampai 120 hari, pengguna dapat:
- 25 riyal credit awal
- 2 menit pertama nelpon internasional gratis setelah itu 60 halalas (Rp 1.380,-) per menit all operator
- 2 sms internasional pertama gratis
Untuk kartu pascabayar, ada Jawal, dengan paket Internasional (tentunya dengan biaya bulanan 12 riyal atau Rp 27.600,- per bulan), dapat 99 halalas per menit (anggap aja 1 riyal, jadinya Rp 2.300,-) tiap kali nelpon internasional dari detik pertama, dan 0,35 riyal (Rp 805,-) per sms (jadi, hampir sama dengan iklan yang 900 rupiah)

Kedua, kita beralih ke Mobily. Yakk.... Untuk mobily, karena koneksi mungkin lagi liliput, atau karena apa, gak ada gambar2 yang muncul di webnya, jadi tampilannya hancur, untuk mobily, mohon maaf, saya pending dulu ya... Tapi, kalo mau, silahkan di buka di sini, coba cari pilihan 7Ala Internasional

Zain (jadi ingat nama seorang teman), operator ketiga, juga punya 2 pilihan, prabayar dan pascabayar. Untuk pilihan prabayar, ada paket Internasional. Dari data yang saya dapat, biaya telepon paket Internasional 55 halalas (Rp 1.265,-) per menit (berapa harga perdanya, tidak di jelaskan). Kalau mau, ada paket Pengunjung, dengan aktivasi sebesar 5 riyal (Rp 11.500,-) dapat diskon 50% per nelpon. Biaya sms sendiri cukup murah, 25 halala (Rp 575,-).
Untuk pilihan pascabayar, ada paket Mazaya. Dengan biaya aktivasi 35 riyal (Rp 80.500,-), nelpon Internasional sebesar 5 riyal (Rp 11.500,-)

Nah, kesimpulannya:
- Rata-rata biaya telepon dan sms internasional di Arab Saudi lebih murah dari iklan operator "itu", tapi, sepertinya sebanding dengan harga paket perdana-nya yang mahal, paling tidak 60 ribu untuk satu kartu.

About Me

My Photo
My name is renaldy, and I'm not a terrorist, cuma blogger asal Kalimantan Selatan. I have a name as same as Tukul, but everyone who have meet with Me say that I'm 180km/hour more cool than Tukul. Mertua cerdas pilih menantu perawat karena perawat itu LAKI!

Disclaimer

"Blog ini sengaja tidak dipasang script anti-copy agar semua materi yang ada di blog dapat dengan mudah dicopas dan dibagikan ke orang lain melalui media lain. Kami hanya mengharapkan agar materi yang diambil disertakan sumber ke blog ini. Hargai kerja keras, keringat, darah, airmata, sakit pinggang saat menulis artikel, dan tidak sedikit pulsa modem yang telah kami keluarkan. Kami menghargai kebebasan, tapi kebebasan yang bertanggung jawab :)"

Contact Us

e-mail: renald33@gmail.com
phone: +6285391612750

Feedback