Tutorial Mystery Case Files - Return to Ravenhearst FINAL

Selesai kuliah, rupanya ada rapat. Karena malas ikut ngebahas rapat, jadi saya cuma nongkrong duduk di belakang, rupanya ada laptop teman yang nganggur. Iseng-iseng buka-buka folder. Dan tetamu (ketemu: red-bahasa banjar) lah sama game "Mystery Case Files - Return to Ravenhearst FINAL" wow... ternyata ada versi baru dari MCF. Di rumah, saya juga punya MCF Huntsville, yang sepertinya merupakan game MCF versi pertama. Langsung saya cucuk (colok: red-bahasa banjar) flashdisk yang dapet nemu di jalan, langsung copy. Sampai di rumah, cuci kaki, cuci tangan, makan siang, sholat dzuhur, lalu tidur wkwkw. Karena lupa ada game Mystery Case File tadi, akhirnya baru maen malamnya. Dari jam 8 malam sampai jam 11 malam (belum selesai juga). Akhirnya, setealah 5 hari yang menguras batin dan pikiran, akhirnya selesai lah game ini. Total waktu: 10 jam 34 menit. Tepuk tangan.... prok prok prok dan saya gagal masuk 10 besar. Ok... buat teman-teman yang "tersesat" tak tau arah jalan pulang, gak tau mau kemana lagi waktu maen game ini, sekarang saya berikan tutorial, cara maen atau bahasa gamenya walkthrough: Mystery Case Files - Return to Ravenhearst FINAL.
Tutorial Mystery Case Files - Return to Ravenhearst FINAL


Clue 1: Bel Di Depan Pagar
Colokkan kabel dengan koordinat yang tertulis. Angka pertama untuk koordinat X, angka kedua untuk koordinat Y
Kalau berhasil, nanti akan dapat kunci gerbang.
Jangan lupa untuk mengklik papan di atas bel tadi untuk petunjuk yang akan dipakai nanti.

Clue 2: Teras rumah


Temukan tipewriter "V" setelah menyelesaikan game.
Slender: Review, Map,
dan Tips Bermain

Clue 3: Batu Bata
Pergi ke sebelah kiri rumah, dapatkan batu bata setelah menyelesaikan game.

Clue 4: Tangga
pergi ke kanan rumah, klik gambar tangga.

Clue 5: Mata
Teruskan berjalan ke samping rumah. Dapatkan mata setelah menyelesaikan game.
Jangan lupa meng'klik patung wanita, dan ingat apa yang diinginkannya, yaitu "dark flower"
Klik pintu, kalian akan lihat gambar tengkorak yang bisa diubah-ubah posenya. Ingatlah ini.

Clue 6: Mata #2
Kembali ke teras. Pilih tangga, kemudian klik sarang burung yang ada di kanan atas. dapatkan mata ke-2.

Clue 7: Masuk ke rumah
Berjalan ke kanan rumah. Ambil bata, pecahkan jendelanya. Kemudian masuk aja.

Clue 8: Linggis
Masuk ke rumah, ada linggis -Whatever'lah namanya. yang penting, dia fungsinya buat nyungkil. Ambil linggis tadi di bawah sofa.

Clue 9: Rantai (machine belt)
Kembali ke bagian kiri rumah, dapatkan rantai setelah menyelesaikan game.

Clue 10: Mata #3
Masih di kiri rumah, gunakan linggis whatever tadi untuk mencungkil di lantai bawah dekat jendela yang di paku whatever tadi untuk mencungkil. Dapatkan mata ke-3.

Clue 11: Teka-teki Mata
Setelah mendapatkan 3 mata, masuk ke rumah lewat jendela yang kita pecah tadi. Klik pintu yang ada dihadapan kita. Gunakan ketiga mata untuk mengisi lubang yang kosong. Putar kenop pada masing-masing tempat mata tadi samapai habis kebawah, kalau berhasil, pintu akan terbuka

Clue 12: Pintu tengkorak

Masuk ke dalam ruangan dapur. Klik kertas pada sebelah kiri layar. Gambar ini akan masuk ke buku catatan

Clue 13: Keju
Klik kabinet, selesaikan game, dapatkan sepotong keju.

Clue 14: Gunting Tanaman
Klik kabinet bawah, klik gunting.

Clue 15: Terompet
Pergi lagi ke sisi kanan rumah dimana ada patung wanita. Di semak-semak ada permainan pencarian. Selesaikan game, dapatkan terompetnya.

Clue 16: Membuka pintu tengkorak
Masih di sisi kanan rumah, klik pintu. Maka akan muncul pintu dengan gambar tengkorak yang bisa diubah-ubah posisinya. Buka buku catatan (ada di pojok kiri bawah), bolak-balik sampai menemukan gambar tengkorak, sesuaikan posenya dengan di catatan. Kalau benar, pintu akan terbuka (kalau tidak menemukan gambar tengkorak di catatan, kembali ke clue 12)

Clue 17: Pickaxe (e... kayak kapak)
Masuk melewati pintu tengkorak tadi. Tempat pertama (taman) tidak ada clue. Jalan terus. Klik di bagian kuburan, ada sebuah permainan. Selesaikan permainan, dapatkan pickaxe'nya...

Clue 18: Matahari
Masih di kuburan tadi, ada clue di samping kanan (liat yang kerlap-kerlip). Ambil gunting, klik 3x (kalo saya 3x baru bisa) maka akan muncul puzzle baru. Inti dari puzzle ini adalah menghubungkan masing-masing lampu yang gak pecah dengan garis merah pada piringan ditengah. Ada 5 lampu (termasuk kepala ular di atasnya) yang perlu dihubungkan sampai ke tengah . Triknya mulai dari lingkaran yang paling besar. Kalau benar, dapatkan potongan berupa matahari.

(maaf terlambar kasih screenshoot, jadi cuma dapet segini aja)

Clue 19: Tikus
Kembali ke teras sebelah kanan tempat kita masuk ke rumah tadi (jangan masuk, di luar aja). Di situ ada lubang tikus. Gunakan keju, klik lubang tikus tersebut. Tikus akan keluar, dan ambil tikusnya (waaaaaaaaaaaaaaa... takutttttt)

Clue 20: Kunci
Kembali ke teras depan rumah. Ada kucing garong nongkrong di situ. Klik kucing tersebut, kemudian, gunakan tikus yang sudah ditangkap tadi. Dapatkan kuncinya.

Clue 21: Dump Cloth
Masuk ke rumah, langsung menuju dapur, ambil makanan, detektif lapar... wkwkkw. Nggak... Ketika sampai di dapur, ada permainan lagi di kabinet atas. selesaikan, dapatkan kain'nya.

Clue 22: Sarung tangan
Masih di dapur, di sebelah kanan, ada lemari yang dirantai. Klik lemari itu. Gunakan kunci yang sudah kita dapat dari kucing garong di depan. Setelah terbuka, ambil sarung tangannya.

Clue 23: Bunga Duri
Keluar rumah. Pergi ke teras sebelah kiri. Di sana ada vas bunga menggantung. Gunakan gunting untuk memotongnya. Kemudian, pakai sarung tangan untuk mengambilnya. Dapatkan bunganya.

Clue 24: Bulan
Pergi ke depan pintu tengkorak. Klik patung wanita tersebut. Berikan bunga tadi padanya (gak ada cwe apa pake ngasih ke patung segala), kemudian ambil kalung bulan di lehernya.

Clue 25: Pintu Rahasia
Kembali ke dalam rumah. Klik gambar di atas perapian. Pasang potongan matahari dan bulan tadi. Ada beberapa potongan di sekelilingnya yang dapat ditaruh di samping matahari-bulan tadi. Kalo mau lihat buku catatan cara memecahkannya.
Kalo malas (detektif kok malas), lihat gambar di bawah.


Clue 26: End- Scene 1
Turun ke pintu rahasia. Kita akan ketemu Rose Sommerset. Dengarkan dia. Mission 1 Status: Completed.
--------------------------------------
Clue 27: Teka-teki Pintu Tengah
Setelah ketemu Rose Sommerset, terus berjalan. Kita akan bertemu 3 pintu. Pintu kiri tidak akan bisa dibuka sebelum kita mengumpulkan 4 kelereng. Pintu kanan tidak akan bisa dibuka sebelum kita menemukan semua tombol mesin ketik. Jadi, pilihlah pintu tengah. Pintu tengah memberikan teka-teki yang menguji kecerdasan kita dalam berhitung, wkkkk (pake aja kalkulator). Pertama, hidupkan mesin. Lihat gambar dibawah ini.
Hidupkan lampu yang sesuai, kemudian lakukan operasi penjumlahan atau pengurangan. Pilih lempengan warna sesuai dengan warna lampunya. Teruskan sampai keempat warna lampu sudah selesai dikerjakan. Kalau berhasil, pintu akan terbuka.

Clue 28: Gak penting-penting amat... Papan Peraturan
Begitu melewati pintu, ada papan peraturan di sebelah kiri. Klik aja

Clue 29: kayu Panjang
Dapatkan kayu setelah menyelesaikan game yang ada di dekat papan peraturan tadi.

Clue 30: Kelereng Merah
Masuk ke General Store (di sebelah kanan) ada game, dapatkan kelerengnya

Clue 31: Kelereng Merah #2 dan nomor unik
Masih di general Store, di sebelah kanan ada mesin kasir. Atur angkanya, sehingga dijumlahkan ke samping dan ke bawah, hasilnya 15. Kalau malas, ini petunjuknya:
9-1-5
2-6-7
4-8-3
Ingat-ingat no.nya

Clue 32: Saluran listrik
Masih di General Store, di dekat pintu di depang, ada semacam tombol. Klik itu. Kita akan disuruh untuk memasukkan angka. Warna kuning untuk mengganti angka, warna hijau untuk berpindah, dan warna merah semacam tombol enternya. Masukkan angka yang didapat di mesin kasir tadi. Pencet tombol merah. Ada satu sekring yang belum ada. Kita akan mencarinya nanti.

Clue 33: Beauty Parlor
Keluar dari general store, kemudian, jalan lurus saja kedepan. Kita akan bertemu dengan bangunan "Beauty Parlor". Di sebelahnya, ada poster. Gak penting-penting amat sih, tapi klik aja. Nah, untuk masuk ke parlor tadi, kita perlu memcahkan puzzle di depan pintunya. Sesuaikan warna kotak dengan warna atasnya.Kalau sudah, tarik tuas di sebelah kanannya.

Clue 34: Kelereng Merah #3
Ok... masuk ke dalam parlor. Ada sebuah boneka model. Klik surat di tangannya. Kalau sudah, di depan ada game yang harus diselesaikan. Selesaikan gamenya, dapatkan kelerengnya.

Clue 35: Potret si Kembar
Jalan ke dalam parlor lagi. Ada anak tangga. Di sisinya ada dua buah ukiran. Putar arah ukiran itu agar saling menghadap. Kemudian, klik bentuk kotak di atas tangga. Akan kelihatan potret si kembar.

Clue 36: Huruf "C"
Naik tangga parlor. Di dekat tempat tidur, ada teka-teki yang harus diselesaikan. Dapatkan hurufnya.

Clue 37: Kamar Lagi
Di sebelah tempat tidur ada pintu. Selesaikan gamenya. Intinya, masukkan bola ke lubang dengan menggeser ketokan di sebelah kiri kanannya.

Clue 38: Metal Clever
Ternyata ruangan tadi adalah kamar mandi. Buka tirai di kamar mandi (jangan kaget) kemudian, pecahkan game di bawah bak mandi, dan dapatkan metal clever.

Clue 39: Surat dan Sekop
Keluar dari parlor. Lihat di samping rumah. Ada sekop. Ambil. kemudian lihat di depan. Klik, ada gundukan batu. Gunakan pickaxe untuk menghancurkannya, dan dapatkan suratnya.

Clue 40: Potogan Kanvas
Kembali ke rumah paling awal (yang ada kucing hitam itu) Jalan ke kanan, terus, lewati pintu tengkorak, kemudian ada patung. Di bayangan patung itu ada tanda X. Gunakan sekop, dapatkan potongan kanvasnya. Gunakan potongan kanvas tadi ke potret si kembar.

Clue 41: Lift General Store
Masuk ke general Store, jalan lurus aja. Nah, di sebelah kiri (dekat tengkorak tentara) ada benda gak jelas. Klik, kemudian gunakan metal clever. Klik lagi, dan kita akan turun ke Sungai.


Clue 42: Gold Key
Di depan ada perahu, selesaikan gamenya, dapatkan kuncinya

Clue 43: Electrical Tape
Kembali ke rumah parlor, terus aja sampai ke kamar mandi, nah, di bak ada game yang harus diselesaikan. Selesaikan gamenya, dapatkan isolasi-nya.

Clue 44: Penghillang Karat
Masih di kamar mandi, di sebelah kanan ada lemari kecil. Gunakan gold key untuk membukanya, cari tulisan dust remover.

Clue 45: Huruf T
Turun lagi ke sungai, di perahu ada game yang harus diselesaikan. Selesaikan gamenya, dapatkan hurufnya

CLue 45: Dust remover dan kunci Inggris
Masih di sungai, di sebelah kiri ada pintu kecil. Gunakan dust remover untuk menghilangkan karat di baut-bautnya, kemudian buka pakai kunci Inggris. Masuk ke dalam sana.

Clue 46: Terompet
Ternyata tempat itu adalah sebuah gua batman. Tiup terompet untuk membangunkan kelelawar di sana (konyol banget ne game). Kalau sudah, jalan terus...

Clue 47: Love Connector
Di depan sana, ada tubuh Rose Sommerset. Dibagain bawah ranjangnya, ada game, intinya penyelesaiannya seperti gambar di bawah ini;
letakkan lingkaran sesuai dengan tempat di mana tonjolannya ada.
Selesaikan dia ngomong buat nyelametin putri kembarnya. Setelah selesai, di bantalnya ada sebuah kelereng merah. Ambil aja, mumpung orangnya lagi gak ada... :D
----------------------------------------

Clue 48: Pintu Kedua
Kembali ke tempat tiga pintu. Klik pintu sebelah kiri. Letakkan kelereng merah pada tempatnya. Inti dari puzzle ini adalah memindahkan kelereng kuning ke bagian atas, kelereng biru kebawah. Pada awal pertama mencoba, puzzle ini makan waktu 7 menit, tapi setelah tau trik konyolnya, cukup 10 detik dah beres =="a
Klik pemutar sesuai urutan ini: kiri-kanan-kiri-kanan-kiri-kanan-kiri-kanan pokoknya gini aja terus sampai selesai terpindah semuanya

Clue 49: Corong
Masuk ke pintu. Ketemu sama arwah si kembar. Kemudian, di dekat prosotan ada game, selesaikan gamenya, dapatkan corongnya.

Clue 50: Old Fuse
Masuk ke . Di ruang depan ada game, selesaikan gamenya, dapatkan old fuse-nya.

Clue 43: Palu
Masuk ke toko mainan (toy brats), kalo sudah jalan lurus lagi, ntar ada game yang perlu diselesaikan. Selesaikan gamenya, dapatkan palunya.

Clue 44: Koin
Masih di toko mainan, kalo sudah dapat palu, turun ke ruang bawah tanah. Di situ ada permainan kayak timezone. Intinya, dapatkan skor 100. Pukul iblis warna hijau dan ungu untuk mendapatkan nilai. Nilainya sekali pukul 5 point. Jangan pukul yang warna merah, karena akan mengurangi nilai 10 point. Kalau bisa dapat 100 point dalam 100 detik, nanti bakalan dapat koin

Clue 45: Huruf X
Masuk ke general store, disana ada game. Selesaikan gamenya, dapatkan huruf X-nya.

Clue 46: Old Fuse
Masih di general store, ada sekring di dekat pintu (yang ke arah lift). Nah, masukkan old fuse yang sudah di dapat ke tempat yang masih kosong (school) buat nyalain aliran listrik di sekolah.

Clue 47: Koin
Masuk ke lift. Pas sudah ke bawah, jalan ke kanan, arah ke laut. Di sana ada teropong. Masukkan koin yang udah di dapat ke teropong. Atur teropongnya, sehingga kita bisa melihat sebuah petunjuk, ntar bakal di catat otomatis di buku catatan.

Clue 48: Huruf M
Masuk ke beauty parlor, di sana ada game. Selesaikan gamenya, dapatkan hurufnya.

Clue 49: Paint remover
Naik ke lantai atas beauty parlor. Dekat tempat tidur, ada laci yang dipaku. Gunakan palu untuk membukanya, lalu dapatkan paint removernya.

Clue 50: Gagang pintu
Masuk ke toy brat dulu. Di ruang depan, ada game, selesaikan gamenya, dapatkan gagang pintunya.

Clue 51: Teka-teki
Masuk ke sekolah. Di papan tulis ada coretan, tapi ketutup sama cat putih. Gunakan paint remover untuk menghapusnya. Crot, gosok, bilas, lalu keliahatanlah kode rahasia.

Clue 52: Bug repellent.
Di ruang kelas ada game. Selesaikan gamenya, dapatkan bug repellent-nya.

Clue 53: Gak begitu penting
Keluar sekolah. Terus jalan lurus. Kita akan sampai di sebuah rumah. Klik kotak surat buat membuka sebuah potongan koran lama, dan klik papan peraturan di samping kiri.

Clue 54: Membuka pintu
Yah... ada game di depan pintu untuk membukanya. Susah juga sih... Pokoknya sesuaikan aja supaya gambarnya sesuai.

Clue 55: Pot holder
Di ruang depan rumah, ada meja makan boneka. Di situ ada game. Selesaikan gamenya, dapatkan pot holdernya.

Clue 56: Tali
Masuk lagi ke dalam rumah. Pertama ketemu si kembar. Dengirin mereka. Kemudian, di sebelah kanan lorong, ada kayak papan tulis. Klik di situ. Gunakan adhesive tape buat menyambung kabel yang putus, lalu tekan tombol yang ada disitu, ntar ada tali nongol. Ambil

Clue 57: Game di pintu
Untuk membuka pintu di ujung lorong, intinya, pilih dua kotak yang punya gambar sama, selesaikan dalam 60 detik (kelihatannya mudah, yang bikin susah, ntar susunannya bisa berputar-putar gethoooh...)

Clue 58: Huruf S
Masuk ke kamar tidur, dekat pintu diujung ada rumah boneka, selesaikan gamenya, dapatkan huruf S-nya.

Clue 59: Gak penting sih...
Di dinding sebelah kanan, ada lukisan anak-anak. Klik aja.

Clue 60: No telepon
Di ujung kamar ada pintu gak ada gagangnya. Gunakan gagang pintu untuk membukanya. Masuk. Klik lukisan di tengah-tengah, nah nanti lukisannya akan jatuh, dan dibaliknya ada no. telp. No ini akan otomatis tersimpan di buku catatan.

Clue 61: Sambungkan telp.
Masuk ke toy brat. Jalan ke ruang bawah tanah dulu. Nah, di kanan ada kotak sambungan telepon. Gunakan bug repellant untuk membunuh kecoak yang lewat di atas kotak itu. Nah, untuk menyambungkannya, ntar ikuti aja polanya kayak gini, ikuti garis berwarna biru cerah:
Ok... Kalo sudah, naik ke ruang ke dua di toy brat. Di situ ada telepon. Calling ke no yang udah kita dapet di rumah boneka tadi. Ntar pintu di sampingnya bakalan kebuka. Ok... masuk...
----------------------------------------

Clue 62: Ember menggantung
Pertama kali masuk, ada pemandangan ember menggantung. Gunakan long stick untuk nyodok tu ember.

CLue 63: Gunakan tali
Di lantai, kayak ada tali putus gitu, nah, gunakna rope untuk turun ke sumur.

Clue 64: Empty Jar
Gak usah turun ke sumur, gak ada yang bakalan kita lakuin juga, jadi kembali ke rumah paling ujung yang ada bonekanya. Di ruang depan ada game, selesaikan gamenya, dapatkan empty jar-nya (a.k.a toples kosong)

Clue 65: Pisau
Ok, sekarang kita akan melakukan perjalanan jauh. Kembali ke paling awal kita maen, di depan pintu gerbang. Dekat gerbang kan ada sumur tuh, nah, tarik talinya pakai kerekan di sampingnya, ntar dapat pisau.

Clue 66: Obeng
Ok, sekarang jalan ke kiri rumah utama (yang di pintunya ada teka-teki tengkorak itu...) Ntar ada game didekat situ, selesaikan obengnya, dapatkan gamenya.

Clue 67: 400 C
Sekarang, kembali masuk ke dalam, ke depan sekolah dulu. Di samping sekolah, ada pintu. Di pintu itu tertulis 400 C. Udah, gitu aja dulu.

Clue 68: Artinya 400 C
Masuk lagi ke toy bart. Di ruang depan ada tungku. Nah, naikkan suhu tungku hingga mencapai 400 C (gunakan pot holder, panas cuy...). Liat pola yang ditampilkan di atas tungku. Ingat-ingat polanya.

CLue 69: Pola
Nah, kembali lagi samping sekolah. Di pintu ada pola-pola. Sesuaikan polanya dengan yang kita lihat di atas tungku tadi. Kemudian, buka pintunya.

Clue 70: Mengasah pisau
Pas masuk, ada kayak roda. Nah, gunakan belt di sini. Kemudian  pilih pisau, dekatkak ke roda tadi untuk mengasahnya.

Clue 71: Bensin Oplosan
Masih di bawah sekolah, ada drum yang netesin minyak. Nah, gunakan toples kosong untuk menampungnya... Lumayan gak usah beli.

Clue 72: Korek Api
Masuk ke toy brat, terus ke gudang bawah tanah (tempat maenan timezone) Di situ ada boneka teddy bear, gunakan pisau untuk menggorok leher teddy tadi, dapatkan korek apinya.

Clue 73: Game Di Pintu
Ok, kita akan turun ke sumur yang tadi tertunda. Sekarang, turun. Di depan pintu, ada game. Intinya, klik gambar yang di tengah sesuai dengan gambar yang di bawa boneka-bonek yang jalan di sebelah atas, atau boneka-boneka yang ada di samping. Kesempatan gak mengklik cuma 4 kali. Kalo sudah, pintu bakalan terbuka.

Clue 74: Bercahaya
Gelap eu... Gunakan korek api untuk menyalakan jerami yang ada di patung sebelah kiri dan kanan.

Clue 75: Game
Kalau sudah, akan ada 3 patung bawa-bawa papan. Nah, intinya, hubungkan semua lubang dengan bola. Tempat awal terserah.
Nah, ini untuk patung sebelah kiri:

Nah, ini patung yang di tengah:
LUPA screenshoot

Nah, ini patung yang di kanan

Kalau sudah, nanti di tengah akan ada patung yang membawa peti mati. Buka peti matinya (jangan takut... gak ada mummy di dalamnya) Ntar akan muncul arwah si kembar. Dengerin aja mereka ngomong. (dengerin benar-benar, soalnya ada clue di omongan mereka)

Clue 76: Huruf R
Naik ke atas yok... Di ruang depang toy brat, ada game. selesaikan gamenya, dapatkan huruf R-nya.

Clue 77: Ngetik Mania
Ok, semua huruf yang hilang di mesin tik sudah dapat. kembali ke 3 pintu, tinggal pintu sebelah kanan yang belum di buka. Ok, letakkan huruf-huruf di tempat yang sesuai (kalo lupa, liat keyboard) Kemudian, ketik nama Kakak dari si kembar untuk membuka pintunya. Siapa dia...? Makanya kalo orang ngomong tu didengerin...
Pintu terbuka... dan masuk...
---------------------------------------

Clue 78: Pisau
Masuk ke pintu ke tiga. Kita akan sampai di sebuah kereta api. Di atas ada game, selesaikan gamenya, dapatkan pisaunya.

Clue 79: Isi bensin
Dibagian badan kereta, ada tangki bensin. Buka dulu tutupnya (saya lupa pake apa T.T) kemudian, gunakan corong, lalu isi bensin yang sudah kita tadah di toples dari bawah sekolah tadi.

Clue 80: Jalan....
Masuk ke kereta. Di samping kanan sofa, ada kemudi, klik aja, maka kita akan jalan...

CLue 81:Kunci
Keluar dari kereta, di bekas kapal pecah, ada game, selesaikan gamenya, dapatkan kuncinya.

Clue 82: Puzzle Burung
Ok... setelah dapat kunci, naik ke atas tangga. Di situ ada puzzle. Nah, pertama, gunakan pisau untuk mengikis tanahnya, nanti akan ada puzzle burung 4 baris dalam 3 tingkat. Ingat kan polanya pada masing-masing tingkat

Clue 83: Puzzle Burung part II
Nah, disinilah, gunakan tanda puzzle burung part I tadi, seperti apa bentuknya, kalau sama dengan yang di awal tadi, maka, jembatan penghubung akan terangkat, lalu terus aja jalan dah...

Clue 84: Rumah misterius
Ada rumah misterius di depan sana, jalan lewat depan dulu, buka pintunya dengan kunci yang dapet di kapal karam tadi. Nanti kita akan ketemu kakek-kakek tua.

Clue 85: Bobby Pin
Eh, kita dimana...? Eh...? Disekap kakek-kakek...? Kalah sama kakek-kakek...? Ok... kita akan kabur dari sini. Ada game di keranjang bayi. Selesaikan gamenya, dapatkan pin-nya.

Clue 86: Ke ruang bawah
Di dekat tiang, ada pintu nembus, gunakan Bobby pin tadi untuk membukanya, terus, turun aja.

Clue 87: Metal dial
Setelah turun, jalan ke ruangan sebelah kanan. Di atas buku ada sebuah metal dial, ambil.

Clue 88: Gulungan film
Di tempat buku numpuk, ada game, selesaikan gamenya, dapatkan roll film-nya.

Clue 89: Susunan buku
Ok. Pindah ke ruangan sebelah. Disana, ada proyeltor film. Pasang roll film dan metal dial di tempat yang tepat. Nanti akan muncul film tentang kakek-kakek penculik tadi lagi baca buku. Perhatikan susunan buku yang ada di belakangnya

Clue 90: Puzzle susunan buku
Balik lagi ke ruangan tempat nemu metal dial dan roll film. Di lemari ada susunan buku yang acak, sesuaikan dengan yang kita lihat di film, nanti kalau sudah berhasil, kita akan nemu kapak di sebelah lemari tadi.

#Tips
Ok... kayaknya susah banget puzzle ini, tapi ada trik mengakalinya. Persiapan awal: cari tombol PrtSc SysRq (print screen) di keyboard laptop atau komputer kalian, kalo sudah nemu, baru nonton filmnya.
Nah, ketika kakek-kakek tadi mulai bingung, berarti dia mau bangkit dari duduknya. Siapkan tangan di tombol PrtSc tadi. Ketika penampakan buku sudah terlihat semuanya, baru tekan tombol PrtSc, lalu buka program paint, terus paste deh, nanti bakalan nampak gambar layar monitor kita.

Clue 91: Keluar rumah
Kapak sudah ditangan, lalu pergi ke ruangan pemutaran film tadi. Di sebalah kiri, ada jendela yang di beri papan penutup, hancurkan dengan kapak, lalu, keluar deh.

Clue 92: Puzzle domino
Ternyata kita disekap di rumah itu toh, rumah pertama tempat kita pertama mulai. Lakukan perjalanan kembali ke rumah yang telah menyekap kita tadi, tapi kali ini lewat sebelah kanan. Nah, di situ ada puzzle di pintu, selesaikan puzzlenya, nanti pintu akan terbuka

Inti dari game ini menyusun domino yang ada di pintu sehingga tercipta 28 kartu domino. Agak susah sih, saya sendiri pake catatan khusus untuk mencatat domino yang sudah jadi. Ini screenshoot puzzle di tempat saya, kalo-kalo puzzlenya letaknya sama.


Clue 93: Jeweled Heart Ungu Kemerahan
Kalau pintu sudah terbuka, masuk ke dalam. Di lemari yang menggantung ada game. Selesaikan gamenya, dapatkan jeweled heartnya.

Clue 94: Susunan tengkorak
Keluar dari rumah, masuk lewat ruang depan, terus naik ke atas. Di atas ranjang ada kertas. Ambil, nanti di sana ada gambar susunan tengkorak berbagai pose.

Clue 95: Membuka pintu tengkorak
Turun aja, terus klik pintu disebelah kanan, nanti ada pintu dengan puzzle. Klik masing-masing gambar sesuai urutan gambar tengkorak yang baru kita dapat tadi, nanti pintu akan terbuka.

Clue 96: Scene
Kalau masuk nanti akan ada sedikit scene, nonton aja bentar

Clue 97: Surat
Nanti kalau scene sudah beres, di lantai ada surat. Baca aja

Clue 98: Kunci Tengkorak
Di atas meja yang sering dipakai buat arsitek ada game. Selesaikan gamenya, dapatkan kuncinya.

Clue 99: Teleskop
Masih di ruangan yang sama, di sudut paling kanan ada peti. Di situ ada game. Pokoknya gimana caranya supaya jadi gambar merak. Game ini murni pengetahuan dan trik, juga yang pasti keberuntungan ^^ (asal pencet aja ujung-ujungnya jadi)

Clue 100: Teka-teki angka
Eh... udah 100 clue...? ya sudahlah... Bawa teleskop tadi ke ruang atas, taruh di atas tripod. Lalu lihat apa yang ditunjuk oleh teleskop. Bentuk keriting adalah angka yang harus kita temukan. Berapa angkanya...? Nanti kita jawab.

Clue 101: Membuka kunci tengkorak
Kembali ke tempat 3 pintu, masuk ke pintu di tengah, lalu langsung menuju lift. Di sebelah kanan atas lift ada colokan kunci gunakan kunci tengkorak tadi. Nanti ada game.

#Memecahkan game:
Ada 4 kartu dengan jenis yang berbeda, ada keriting, hati, wajik, dan kupang. Masing-masing jenis melambangkan teka-teki angka yang kita temui. Keriting kartu keriting berupa angka yang kita dapat lewat ngeliat teleskop di ruang atas. Angka wajik ada di teka-teki di papan tulis di sekolahan. Kupang ada di teka-teki angka yang kita lihat pake teleskop yang dimasukkan koin. Hati ada di teka-teki paling awal di gerbang paling depan. Berikut angkanya:
Hati = 076
Kupang = 005
Wajik = 006
Keriting = 300
Kalau sudah berhasil, nanti kita bisa masuk ke ruangan yang ada di dua lantai dibawah lift.

Clue 102: Nyantai dulu
Kalau sudah di lantai bawah tanah level 2, masuk ke ruangan di kiri dulu, di situ cuma ada foto dinding yang perlu di klik, dan rancangan alat yang juga perlu di klik. Gak ada game.

Clue 103: Surat cinta
Sekarang kita keruangan sebelah kiri. Disitu ada setumpuk surat di dekat batu. Baca aja.

Clue 104: Jewelled heart II
Nah, masih di tempat tadi, di dekat patung ada game. Selesaikan gamenya, dapatkan jewelled heart-nya.

Clue 105: Kalung hati
Masih di dekat patung, di tangannya ada menjuntai sebuah liontin hati. Ambil

Berikutnya, kita tinggal mencari 5 jewelled heart yang masih belum nemu. Berikut lokasi-lokasi jewelled heart.
1. Rose's beauty parlor lantai 1
2. Rose's beauty parlor lantai 2 (dekat tempat tidur)
3. Rose's beauty parlor lantai 2 (kamar mandi)
4. Sekolah
5. Rumah boneka
6. Pintu depan rumah utama (yang ada kucing hitam dikasih keju)
7. Gerbang pertama (yang pertama kali maen)
8. Kolam (dekat pintu tengkorak yang bisa diubah-ubah tangan sama kakinya)
Kalau sudah, kembali naik lift, turun ke lantai 2

Clue 106: Membuka pintu
Sekarang kita datangi pintu yang di tengah. Pertama, ada kotak lowong di tengah pintu. Masukkan liontin tadi, nanti akan terbuka tempat untuk meletakkan 10 jewelled heart. Terserah aja mau meletakkan jewelled heart yang ini di sebelah mana. Sing penting semua.

Clue 107: mendengar orang pidato
Masuk. Klik di tempat orang yang mirip voldemort itu, dengarkan dia ngomong.

Clue 108
Di meja operator ada game. Intinya, susun berurutan angkanya dari 1-17. Kalau sudah, letakkan angka 1-2-3 di paling atas. TUnggu apa yang akan terjadi.

Finish... Any question...?

About Me

My Photo
My name is renaldy, and I'm not a terrorist, cuma blogger asal Kalimantan Selatan. I have a name as same as Tukul, but everyone who have meet with Me say that I'm 180km/hour more cool than Tukul. Mertua cerdas pilih menantu perawat karena perawat itu LAKI!

Disclaimer

"Blog ini sengaja tidak dipasang script anti-copy agar semua materi yang ada di blog dapat dengan mudah dicopas dan dibagikan ke orang lain melalui media lain. Kami hanya mengharapkan agar materi yang diambil disertakan sumber ke blog ini. Hargai kerja keras, keringat, darah, airmata, sakit pinggang saat menulis artikel, dan tidak sedikit pulsa modem yang telah kami keluarkan. Kami menghargai kebebasan, tapi kebebasan yang bertanggung jawab :)"

Contact Us

e-mail: renald33@gmail.com
phone: +6285391612750

Feedback