Belajar Dari Spongebob Squarepants



Siapa yang gak kenal kartun yang satu ini? (banyak... :D). Kartun ini meskipun konyol, ditonton oleh lebih dari 1juta orang setiap harinya... (kata siapa...? bohong...). Tapi tahukah kalian kalo dibalik kartun spongebob ini tersimpan hikmah yang luar biasa...? Apa itu...? Sebuah makna kehidupan kah...? Sebuah filosofi hidup kah...? Atau... sesuatu yang lebih rumit lagi...? Saya tidak akan membahas ini, tapi saya cuma akan membahas tentang pelajaran biologi dari kartun Spongebob-sambil nonton, sambil belajar-wkwkwk. Pengetahuan ini tidak terbatas buat anak-anak saja, buat orang dewasa yang sudah bungkuk sekalipun, gak ada salahnya belajar biologi dari Spongebob, siapa tau nanti di kubur malaikatnya nanya masalah biologi... XD. Langsung saja... Chekidhout!!!

1. Spongebob Squarepants
Invertebrata paling simple adalah porifera, yang sering dikenal dengan spons. Anatomi dari spons sangat simple, dan umunya cuma terdiri dari spikula silika dan sel khusus koanosit. Porifera sebenarnya adalah organisme sesil, menetap di satu tempat, tidak berpindah-pindah seperti Spongebob yang punya kaki. Porifera memakan dengan menyaring makanan lewat pori-pori tubunya, bukan dengan mulut.  Ya... spongebob memang agak konyol, karena sebenarnya dia tidak punya otak-bukan dalam artian bodoh-, karena memang makna sebenarnya, otaknya memang tidak ada.

2. Ubur-ubur
Invertebrata berikutnya adalah Cnidaria, digambarkan dengan ubur-ubur. Di daerah pinggiran Bikin Bottom ada lapangan yang penuh dengan ubur-ubur, yang disamakan dengan lebah, dan bisa menghasilkan jelly yang disamakan dengan madu. Ubur-ubur adalah binatang yang really simple, perenang, tubuh berupa jelly, bentuk tubuh seperti mangkok terbalik, dengan mulut di bagian bawah, kadang-kadang punya tentakel dengan sel penyengat yang disebut Cnidoblast.





3. Squidward Tentacles
Squidward adalah molusca, makhluk bertubuh lunak, yang jenisnya tidak punya kerang sebagai pelindung. Squidward adalah tetangga pemarahnya Spongebob, adalah seekor Chepalopoda, Cumi-Cumi. Cumi-cumi mempunyai kaki yang muncul dari kepalanya, yang menjadi tentakel.

4. Gery si Keong
Moluska juga dihadirkan pada binatang Gery, Keong merangkap kucing, peliharannya Spongebob. Keong ini termasuk dalam gastropoda. Gastropoda bergerak dengan otot perut, tubuhnya ditutupi "rumah" a.k.a kerang yang berbentuk melingkar, dan mempunyai antena yang sensitif.

Salah satu jenis invertebrata yang terbanyak adalah Arthropoda, juga muncul dalam episode Spongebob. Athropoda adalah hewan berbuku-buku (bersegmen). Ciri-ciri hewan Arthropoda:
- adanya tambahan sendi pada hampir semua struktur tubuhnya: kaki, antena, insang, mandibula, selisera... bla bla bla
- adanya tulang kitin eksternal, atau pengelupasan eksoskeleteon periodik.
- tubuhnya terdiri dari ulangan segmen, yang dikenal sebagai metamerisme.

4. Mr. Krabs
Mr. Krabs adalah seekor Crustacea. Crustacea sendiri merupakan sub-phylum dari Arthropoda, tetapi dengan jumlah kaki penggerak yang tidak sesuai dengan kenyataannya. Mr. Krabs seharusnya punya 6 kaki dan dua capit. :)
Berikut ini adalah taksonomi dari Mr. Krab yang saya dapat sampai saat ini:
Kingdom: Animalia
Filum: Arthropoda
Subfilum: Crustacea
Kelas: Malacostraca
Superordo: Eucarida
Ordo: Decapoda


5. Sheldon J. Plankton
Kita juga dapt melihat dari serial Spongebob musuh bebuyutannya Mr. Krab yang "jahat dan kejam", Sheldon J. Plankton, yang mengacu pada mikroorganisme plankton. Plankton adalah seekor Copepod, berukuran sangat kecil dan organisme mikropskopik.
Kingdom: Animalia
Phylum: Arthropoda
Subphylum: Crustacea
Class: Maxillopoda
Subclass: Copepoda

5. Patrick Star
Golongan invertebrata terakhir adalah seekor Echinodermata (hewan berduri), yang mempunyai representasi besar di kartun ini adalah sahabat Spongebob yang tak terpisahkan, Patrick Star, seekor bintang laut yang gemuk, tapi agak bodoh yang keterlaluan. Ciri khusus dari invertebrata ini adalah adanya tulang calcarea, memiliki sistem pembuluh darah pentaradial yang simetris, yang berfungsi menghisap air, yang disebut kaki ambulakral. Bintang laut sebenarnya adalah makhluk hidup yang bebas, namun dikarenakan ketiadaannya organ gerak yang memadai, bintang laut hanya bergerak mengikuti arus air laut.
*madreporit adalah lubang masuknya air ke dalam tubuh
Kingdom: Animalia
Phylum: Echinodermata
Subphylum: Asterozoa
Class: Asteroidea

=========================================
sumber utama posting ini (ditranslater dari bahasa Inggris dan Spanyol): http://memeufacture.com/s-science/learn-zoology-with-spongebob
Wah... capek juga translate'nya... Jatah modem udah mau habis lagi... So, mpe disini aja dulu, ntar insya Allah saya sambung lagi besok... ^^

About Me

My Photo
My name is renaldy, and I'm not a terrorist, cuma blogger asal Kalimantan Selatan. I have a name as same as Tukul, but everyone who have meet with Me say that I'm 180km/hour more cool than Tukul. Mertua cerdas pilih menantu perawat karena perawat itu LAKI!

Disclaimer

"Blog ini sengaja tidak dipasang script anti-copy agar semua materi yang ada di blog dapat dengan mudah dicopas dan dibagikan ke orang lain melalui media lain. Kami hanya mengharapkan agar materi yang diambil disertakan sumber ke blog ini. Hargai kerja keras, keringat, darah, airmata, sakit pinggang saat menulis artikel, dan tidak sedikit pulsa modem yang telah kami keluarkan. Kami menghargai kebebasan, tapi kebebasan yang bertanggung jawab :)"

Contact Us

e-mail: renald33@gmail.com
phone: +6285391612750

Feedback